Oke, sejauh ini baru 2 MMORPG yang blown my mind. Dan keduanya adalah MMORPG yang mengangkat tema mengenai Cina, atau dunia fantasi mengenai Cina Kuno lah. kurang lebih gitu.
Sebagai pemain MMO, saya memang memainkan banyak sekali game online. Banyak yang cukup berkesan, beberapa tidak teralu berkesan, dan hanya 2 yang sangat berkesan. Memang, ini sebatas opini saja sih sebetulnya.
1. Dream of Mirror Online
Yang membuat saya terkesan dengan game ini adalah elemen sosialnya. Game online adalah game di mana kita bisa bersosialisasi kan? Dalam DOMO, kalian tidak bisa hidup sendirian. Jauh lebih menyenangkan bermain bersama dengan teman, ketimbang menjadi lone wolf pada game ini.
Misalnya saja pada kegiatan hunting, di mana membentuk full party bisa membuat proses leveling menjadi lebih mudah. Belum lagi penyelesaian quest yang kadang menuntut membuat tim. Hal ini agar kalian bisa merasakan sensasi gameplay yang berbeda bersama teman-teman.
Setting DOMO memang dunia fantasi, yang terinspirasi dari mitologi Cina Kuno. Jadinya, ada beberapa detil pada game ini memang tidak terkesan real. Ada kesan ajaib, dan penuh fantasi. Misalnya saja pada bentuk bangunan, hingga skill yang didapatkan. Salah satu yang paling berkesan itu adalah GuangLing City, kota ajaib yang melayang di atas udara. Saya selalu save point di sana, dan saya selalu merasa karakter saya lahir dan berasal dari kota itu. Karakter saya adalah female wisp, karakter yang berbentuk seperti peri dan melayang di atas tanah.
DOMO juga memperkenalkan kepada saya mengenai collecting skill. Ini sih memang bukan fitur orisinil dari DOMO. Tapi, jika saya malas hunting, saya bisa melakukan collecting. Lalu sambil collecting, saya bisa ngobrol dengan teman-teman saya.
Feeling saya bercampur-campur saat mengetahui DOMO Indonesia tutup. Saat itu, saya sudah teralu terikat dengan dunia Kunlun, alias sebutan untuk dunia di dalam DOMO. Dunia Kunlun Mirror adalah cerminan dari dunia manusia, kurang lebih begitu yang dijelaskan dalam DOMO.
Sampai sekarang, saya masih merindukan game itu.
2. Age of Wushu/Age of Wulin
Ada perasaan aneh dan rasa antusias saat mengetahui game ini. Sudah banyak game bernuansa Cina Kuno yang saya coba, tapi tidak berhasil memberikan kesan dalam. Tapi, game ini berbeda. Saat pertama kali game ini dirilis di Cina, saya sangat berharap game ini diluncurkan juga di luar Cina. Saya terkejut, saat game ini akhirnya sampai ke Indonesia.
Saya segera mencobanya. Dan saya benar-benar terkejut. Game ini mengembalikan memori saya, saat dulu saya sering menonton film-film silat di televisi. Suasananya, atmosfirnya, semuanya terasa begitu hidup. Setiap detil di AoW dibuat agar kita bisa merasakan bagaimana dunia silat di era Dinasti Ming. Memang sih, game ini bukanlah game sejarah, namun game ini memberikan suasana yang realistik.
Gameplay AoW juga inovatif. Game ini datang di kala saya jenuh dengan game grinding-oriented. Dihapuskannya sistem level menjadi sesuatu yang membuat beban hidup saya lebih enteng. Saya tidak terorientasi untuk mengejar level tertentu. Kini yang penting saya enjoy menikmati gamenya, berinteraksi dengan sesama gamer lainnya, dan melakukan hal-hal lain sesuka hati saya.
Kegiatan saya di AoW? Haha. Saya lebih sering melakukan collecting skill, atay life profession, ketimbang bertarung di arena dengan pemain lain. Saya bukan PvP-oriented, dan saya tidak suka melakukan PK. Walaupun AoW ini game full-PK, tapi AoW mempunyai batasan dan aturan ketat mengenai PK. Belum ada game full-PK yang seadil ini.
Dan karena tidak ada sistem level, maka screw the grinding. Yeah, grinding adalah masa lalu. Satu beban hidup terangkat sudah.
Walau, ada 1 fakta yang memang fakta. AoW adalah game yang sulit. Game ini sulit dipelajari, kompleks, dan rumit. AoW bukan tipe game yang bisa dipelajari dalam waktu singkat. Saya sampai lost hope karena game ini susah saya pahami di awal permainan. Tapi, saya kembali bangkit dengan semangat baru.
Masa iya, ada game yang tidak bisa saya taklukan? Setelah 10 tahun lebih bermain MMORPG? Ayolah, ini namanya tantangan.
Dan saya berhasil. Saya akhirnya menangkap keseruan dan sesuatu yang membuat saya semakin mengerti mengenai game ini. AoW adalah game yang menuntut gamer untuk mencoba segala hal, dan terus mencari tahu. Game ini tidak akan ‘mendikte’ pemain untuk harus begini, harus begitu. Kitalah yang menentukan bagaimana kita bermain.
Dan kedua game ini memiliki soundtrack luar biasa.
Yang berkesan di saya itu .HACK// eh, itu bukan MMORPG ya…
*logout